THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 18 Oktober 2010

komet


Para ahli astronomi di Amerika Serikat (AS) menemukan komet baru. Untuk kamu ketahui, komet disebut juga bintang berekor. Ia benda luar angkasa yang merupakan bagian dari sistem tata surya. Sama seperti planet-planet lainnya, komet juga berputar mengelilingi matahari. Komet, hampir sepenuhnya terbentuk dari gas.
Nah, komet baru itu pertama kali terlihat pada bulan Oktober 2006. Lalu, diberi nama 2006 SQ372. Diameternya sekitar 48 kilometer. Ia ditemukan di orbit planet Neptunus. Jarak komet itu dari Bumi mencapai 3,2 triliun kilometer. Atau sama dengan 1.600 kali jarak antara Bumi dengan Matahari.
Menurut Andrew Becker, ketua tim astronomi, komet ini dapat ditemukan karena mereka menggunakan data dari Sloan Digital Sky Survey II (SDSS II). Yakni, sebuah program komputer yang digunakan untuk mencari bendabenda di luar angkasa.
Hasil penemuan ini dijadikan salah satu topik dalam sebuah pertemuan internasional di Chicago, AS, pada Senin (18/8).
Lebih Kecil
Andrew Becker berkata kepada situs Space.com yang dikutip oleh Reuters, Senin (18/8). “Ukuran komet ini lebih kecil dari komet Hale-Bopp yang ditemukan di tahun 1990- an. Namun, perbedaannya tidak terlalu besar.”
Untuk diketahui, komet Hale-Bopp memiliki diameter sepanjang 50 kilometer. Dan menjadi komet terbesar hingga kini.

0 komentar: